Skip to main content

Awesome-Session at Ubuntu 12.04 LTS

Setelah mencoba membuat AWN-Session pada Ubuntu 12.04 LTS, kali ini saya kembali mencoba membuat session baru dengan nama Awesome-Session. Nantinya, jika sudah melakukan langkah-langkah yang akan saya paparkan, anda akan memiliki session baru dengan nama Awesome-GNOME.


Syarat utama, anda harus memasang (install) terlebih dahulu aplikasi "awesome" dengan perintah ;

Linux Terminal $
sudo apt-get install awesome
sudo apt-get install awesome-extra

Selanjutnya, untuk membangun "Awesome-Session", ada 3 file yang harus dimiliki dan diletakan di direktori tertentu yakni sebagai berikut :
  1. awesome.desktop disimpan pada /usr/share/applications/awesome.desktop
  2. awesome.session disimpan pada /usr/share/gnome-session/sessions/awesome.session
  3. awesome-gnome-session.desktop /usr/share/xsessions/awesome-gnome-session.desktop


A. Source Code Awesome-Session (Awesome GNOME)
1. awesome.desktop
Buka aplikasi gedit (atau teks editor lainnya), lalu buatlah file awesome.desktop dengan isi :

[Desktop Entry]
Type=Application
Encoding=UTF-8
Name=Awesome
Exec=awesome
NoDisplay=true
X-GNOME-WMName=Awesome
X-GNOME-Autostart-Phase=WindowManager
X-GNOME-Provides=windowmanager
X-GNOME-Autostart-Notify=true

Simpan (save) file tersebut, ubah permissionnya dengan mode root lalu letakan di /usr/share/applications/ sehingga nantinya menjadi /usr/share/applications/awesome.desktop. File awesome.desktop berfungsi untuk memanggil aplikasi awesome yang berada di /usr/bin/awesome.


2. awesome.session
Buka aplikasi gedit (atau teks editor lainnya), lalu buatlah file awesome.session dengan isi sebagai berikut :

[GNOME Session]
Name=Awesome Unity-2D Desktop
RequiredComponents=gnome-settings-daemon;gnome-sound-applet;nm-applet;bluetooth-applet;
RequiredProviders=windowmanager;
DefaultProvider-windowmanager=awesome

Simpan (save) file tersebut dengan nama awesome.session, lalu letakkan di /usr/share/gnome-session/sessions/ sehingga akan menjadi /usr/share/gnome-session/sessions/awesome.session.


3. awesome-gnome-session.desktop
Buka aplikasi gedit (atau teks editor lainnya), lalu buatlah file dengan isi :

[Desktop Entry]
Name=Awesome GNOME
Comment=Tiling window manager
TryExec=/usr/bin/gnome-session
Exec=gnome-session --session=awesome
Type=XSession

Simpan (save) file tersebut, beri nama awesome-gnome-session.desktop lalu ubah permissionnya dengan mode root kemudian letakan di /usr/share/xsessions/ sehingga akan menjadi /usr/share/xsessions/awesome-gnome-session.desktop atau dengan nama "Awesome GNOME".

Jika ketiga langkah di atas sudah dilakukan, maka terakhir anda bisa log out dan login kembali, pilihlah Awesome GNOME dan anda telah memiliki Awesome-Session.
Untuk konfigurasi tema-tema awesome, akan penulis sampaikan pada kesempatan berikutnya.
Sekian dan salam Open Source.

Popular posts from this blog

Cara Atasi Error “[-5 - No address associated with hostname]“

Cara atas laporan error "[-5 - No address associated with hostname]" pada saat anda melakukan cek update pada sistem Ubuntu atau viarian GNU/Linux lainnya sangatlah mudah.    Untuk singkatnya silakan anda ikuti langkah-langkah berikut ini : Buka aplikasi terminal Terminal, ketik perintah "update-manager" (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter Aplikasi Update-Manager akan terbuka, lalu klik tombol "Settings" kemudian lihat bagian tab Ubuntu Software Klik bagian "Download From..." dan pilih Other. Pilihlah IP address United States -> 76.73.4.58 Terakhir silakan tutup atau reload dan sistem anda akan kembali meload paket-paket yang diperbaharui   Saya menggunakan tips ini pada sistem Ubuntu 12.04 LTS dan berhasil mengatasi laporan error "[-5 - No adress associated with host]" pada saat mengecek update sistem. Sekian pembahasan singkat ini. Semoga bermanfaat. Salam open source. sumber dan adaptasi test bebas:

CARA INSTALL WINBOX DI MACOS BIGSUR

Saat ini saya dan rekan-rekan tim AKHTARNET sedang mengembangkan pemasangan wifi RT/RW Net di lingkungan masyarakat sekitar. Timbullah kebutuhan untuk menggunakan Winbox sebagai manajemen Mikrotik. Namun, secara umum Winbox lumrah terinstall di sistem operasi Windows. Lalu, bagaimana cara memasang Winbox di MacOS BigSur? Install Winbox di MacOS BigSur A. Langkah-Langkah Pemasangan MacOS anda harus tersambung dengan internet, buka aplikasi terminal lalu ketik perintah berikut (jangan mode Root) untuk menginstall brew : /usr/bin/ruby -e "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/master/install)" Setelah itu,  silakan ketik perintah berikut untuk menginstall Winbox    brew install nrlquaker-winbox Selesai B. Permasalahan dan Solusi Saat pertama dijalankan jika anda memperoleh error berikut  “Winbox-mac” cannot be opened because the developer cannot be verified. Maka, anda bula folder  Applications >> klik kanan ikon Winbox >> Open Selamat mencob

Perintah Terminal Emulator Android Bagian 1

Perintah Terminal Emulator Android merupakan perintah-perintah yang dapat dijalankan pada aplikasi Terminal android anda. Jika anda GNU/Linux user, tentunya bukan hal asing mengenai perintah-perintah Terminal ini.  Terminal Emulator Android Pada kesempatan ini saya hendak berbagi beberapa perintah dasar Terminal Emulator yang berjalan pada android anda. Namun, sebelum lebih jauh, jika anda belum memiliki aplikasi terminal Emulator ini, anda dapat memasangnya pada link Google Play Stor berikut ini : Android Terminal Emulator Berikut ini, beberapa perintah dasar Terminal Emulator android yang saya rangkum dari berbagai sumber (sumber saya cantumkan di bawah postingan) : su = super user ; mengaktifkan superuser mode (root). Hal ini ditandai dengan simbol $ sebagai user biasa, dan # sebagai superuser cd = Change Directory ; Membuka suatu direktory (folder) tertentu, misalnya  cd /system ls = List ; Menampilkan isi direktory (folder) tertentu, misalnya ls /sys cat