Skip to main content

Blankon Panel Pada Ubuntu 14.04 LTS

Blankon-Panel Pada Ubuntu 14.04 LTS

Sebuah Catatan Tweaking

Alkisah, dari sekian Desktop Environment (DE) yang ada dan pernah dicoba disandingkan dengan distro Ubuntu ( Precise Pangolin dan Trushty Tahr), hanya Manokwarilah yang belum 100% berhasil. Patah hatilah saya.



Pada saat menggunakan Ubuntu 12.04 LTS, saya begitu bersemangat "menaklukan" Manokwari sebagai salah satu DE yang dipakai. Alhasil, error total. Lalu, ada tips memakai jasa PPA wagungs. Hasilnya masih sama. Hanya muncul sebentar, lalu hilang lagi. Kompile dari kode sumber pun tak membuahkan hasil. Kemudian saya simpan kenangan tweaking itu, tak dilanjutkan lagi.

Saat ini saya menggunakan Ubuntu 14.04 LTS. Pada kesempatan lain (disamping rutinitas kerja), saya mencoba kembali "menangkar" Manokwari untuk Trusthy Tahr ini. Berikut kronologis yang hendak saya paparkan.

1. Menambahkan Repo Blankon Suroboyo dan Kendala GPG-Keys
Sehubungan Blangkon Tambora belum resmi dirilis (masih dalam proses pematangan), saya memutuskan menambahkan repo Blankon Suroboyo dari repositori kambing.ac.id dalam daftar source-list.
~$ sudo gedit /etc/apt/sources.list

## Repository BlankOn Suroboyo
deb http://repo.unnes.ac.id/iso/repo3/blankon suroboyo main restricted extras extras-restricted
deb-src http://repo.unnes.ac.id/iso/repo3/blankon suroboyo main restricted extras extras-restricted

## Repository BlankOn Suroboyo Updates
deb http://repo.unnes.ac.id/iso/repo3/blankon suroboyo-updates main restricted extras extras-restricted
deb-src http://repo.unnes.ac.id/iso/repo3/blankon suroboyo-updates main restricted extras extras-restricted

## Repository BlankOn Suroboyo Security
deb http://repo.unnes.ac.id/iso/repo3/blankon suroboyo-security main restricted extras extras-restricted
deb-src http://repo.unnes.ac.id/iso/repo3/blankon suroboyo-security main restricted extras extras-restricted



Blankon-Suroboyo akhirnya terdaftar dalam source-list. Namun, saat melakukan update sistem, ternyata mengalami kendala GPG-Keys dari Blankon Suroboyo tersebut. Tak mau abil pusing, saya menambahkan PPA dari Webupd8 untuk menginstall Y-PPA-Manager

~$ sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/y-ppa-manager
~$ sudo apt-get update
~$ sudo apt-get install y-ppa-manager



2. Install Manokwari dan Merasa di-PHP-in
Setelah GPG-Keys selesai, saya sangat bersemangat. Beberapa paket aplikasi saya install yakni ; Manokwari, blankon-icons-themes dengan harapan Manokwari berhasil dipersunting.
Selesai terpasang (install), saya logout kemudian login lagi dan memilih Manokwari (session).
Hasilnya? Nihil. Nihil total. Manokwari Session tak dapat berjalan. Proses hanya berjalan loading, lalu "mental" kembali pada pilihan Session. Apa daya, PHP "banget".

3. Install Blankon-Panel dan Work
Gagal kembali memasang Manokwari, saya berhenti sejenak. Berpikir bagaimana DE ini bisa berjalan pada Ubuntu 14.04 LTS. Diputuskanlah untuk mencopot (remove) Manokwari serta depedensinya, kemudian mencoba alternatif lain.
Blankon-Panel kemudian saya pilih mengingat cikal-bakal manokwari berasal dari Blankon-Panel. Akhirnya saya mencoba beberapa paket berikut :
~$ sudo apt-get install blankon-panel blankon-menu blankon-icons-theme semanggi-theme manokwari-theme
 
Semua paket berhasil dipasang (install) tanpa terjadi conflict dengan paket lainnya. Saatnya beraksi

 
4. Antara Cairo-Dock Session dan Blankon-Panel
Login pada Sesi Cairo-Dock dan mencoba memanggil blankon-panel ternyata berhasil. Hanya saja, tampilan blankon-panel ini perlu sedikit sentuhan.
Cairo-Dock Session saya pilih sebagai Sesi percobaan dengan pertimbangan keduanya sama-sama memakai gtk3 & dan memakai compiz efek.
Putar otak sejenak, lalu terbersitlah membuatkan Session khusus untuk Blankon-Panel dengan prinsip mengkloning Cairo-Dock Session.
Berikut ini isi dari Blankon-Panel Session, hasil kloning dari Cairo-Dock Session
 
A. blankon-lanel.session,
save di /usr/share/gnome-session/sessions/

[GNOME Session]
Name=Blankon-Panel
RequiredComponents=gnome-settings-daemon;compiz;blankon-panel;
DesktopName=Unity


B. Blankon-Panel.desktop,
save di /usr/share/xsessions/

[Desktop Entry]
Name=Blankon-Panel
Comment=This session logs you into GNOME with Blankon-Panel
Exec=gnome-session --session=blankon-panel
TryExec=blankon-panel
Icon=
Type=Application
Name[en_US]=Blankon-Panel
Comment[en_US]=This session logs you into GNOME with Blankon-Panel



5. Blankon-Panel Session
Blankon-Panel Session berhasil dibuat dengan prinsip desktop hanya menampilkan blankon-panel saja. Tampilan memang tidak karuan mengingat tema yang dipakai tidak sejalan dengan Blankon-Panel. Akhirnya, dengan menggunakan bantuan aplikasi Ubuntu Tweak, tema Blankon-Panel saya susun sebagai berikut : 

Gtk Theme : Arcway
Icons Theme : Blankon (blankon-icon-theme)
Cursor Theme : DMZ-white (default)
Windows Theme : Archway


6. Epilog
Sebagai penutup dari paparan ini, saya hanya ingin menyampaikan satu prinsip sederhana ; "Tweaking Tak Pernah Selesai".

Blankon Panel
Blankon Panel #1
Blankon Panel
Blankon Panel #2
Blankon Panel
Blankon Panel #3
Blankon Panel
Blankon Panel #4

 
Demikianlah pemaparan sederhana mengenai Blankon Panel pada Ubuntu 14.04 LTS ini saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam OpenSource.

Popular posts from this blog

Cara Atasi Error “[-5 - No address associated with hostname]“

Cara atas laporan error "[-5 - No address associated with hostname]" pada saat anda melakukan cek update pada sistem Ubuntu atau viarian GNU/Linux lainnya sangatlah mudah.    Untuk singkatnya silakan anda ikuti langkah-langkah berikut ini : Buka aplikasi terminal Terminal, ketik perintah "update-manager" (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter Aplikasi Update-Manager akan terbuka, lalu klik tombol "Settings" kemudian lihat bagian tab Ubuntu Software Klik bagian "Download From..." dan pilih Other. Pilihlah IP address United States -> 76.73.4.58 Terakhir silakan tutup atau reload dan sistem anda akan kembali meload paket-paket yang diperbaharui   Saya menggunakan tips ini pada sistem Ubuntu 12.04 LTS dan berhasil mengatasi laporan error "[-5 - No adress associated with host]" pada saat mengecek update sistem. Sekian pembahasan singkat ini. Semoga bermanfaat. Salam open source. sumber dan adaptasi test bebas:

CARA INSTALL WINBOX DI MACOS BIGSUR

Saat ini saya dan rekan-rekan tim AKHTARNET sedang mengembangkan pemasangan wifi RT/RW Net di lingkungan masyarakat sekitar. Timbullah kebutuhan untuk menggunakan Winbox sebagai manajemen Mikrotik. Namun, secara umum Winbox lumrah terinstall di sistem operasi Windows. Lalu, bagaimana cara memasang Winbox di MacOS BigSur? Install Winbox di MacOS BigSur A. Langkah-Langkah Pemasangan MacOS anda harus tersambung dengan internet, buka aplikasi terminal lalu ketik perintah berikut (jangan mode Root) untuk menginstall brew : /usr/bin/ruby -e "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/master/install)" Setelah itu,  silakan ketik perintah berikut untuk menginstall Winbox    brew install nrlquaker-winbox Selesai B. Permasalahan dan Solusi Saat pertama dijalankan jika anda memperoleh error berikut  “Winbox-mac” cannot be opened because the developer cannot be verified. Maka, anda bula folder  Applications >> klik kanan ikon Winbox >> Open Selamat mencob

Perintah Terminal Emulator Android Bagian 1

Perintah Terminal Emulator Android merupakan perintah-perintah yang dapat dijalankan pada aplikasi Terminal android anda. Jika anda GNU/Linux user, tentunya bukan hal asing mengenai perintah-perintah Terminal ini.  Terminal Emulator Android Pada kesempatan ini saya hendak berbagi beberapa perintah dasar Terminal Emulator yang berjalan pada android anda. Namun, sebelum lebih jauh, jika anda belum memiliki aplikasi terminal Emulator ini, anda dapat memasangnya pada link Google Play Stor berikut ini : Android Terminal Emulator Berikut ini, beberapa perintah dasar Terminal Emulator android yang saya rangkum dari berbagai sumber (sumber saya cantumkan di bawah postingan) : su = super user ; mengaktifkan superuser mode (root). Hal ini ditandai dengan simbol $ sebagai user biasa, dan # sebagai superuser cd = Change Directory ; Membuka suatu direktory (folder) tertentu, misalnya  cd /system ls = List ; Menampilkan isi direktory (folder) tertentu, misalnya ls /sys cat