Skip to main content

AirDroid Pada Ubuntu 12.04 LTS

AirDroid merupakan salah satu aplikasi yang dapat memudahkan anda mengatur manajemen aplikasi beserta seluruh isi file yang terdapat dalam perangkat android anda. Pada kesempatan ini, saya telah mencoba AirDroid yang disambungkan melalui jaringan wifi tethering pada Sistem Ubuntu 12.04 LTS. Hasilnya sangat memuaskan.

Airdroid2 pada Ubuntu 12.04 LTS
Airdroid pada Ubuntu 12.04 LTS

Beberapa fungsi yang dapat saya jalankan diantaranya :
  1. Download dan Upload file secara offline melalui jaringan wifi thetering (antara perangkat android dan Ubuntu 12.04 LTS), baik itu file aplikasi, foto, dokumen, font, dan sebagainya. Lebih jauhnya akan saya jelaskan pada bagian Manajemen Repositori Lokal di bawah tulisan ini.
  2. Edit daftar kontak, seperti nama, nomor telepon, alamat e-mail, dan sebagainya.
  3. Mengirim dan menerima SMS dalam web browser
  4. Menjadikan perangkat android anda sebagai jaringan wifi untuk mengakses internet
  5. Membuat jaringan wifi secara lokal
  6. Dan hal lainnya yang dapat anda jelajahi satu per satu

Sebelum melangkah lebih jauh, anda dapat memasang Airdroid pada Play Store. Mengapa dari Play Store? Usahakanlah memasangnya di Play Store karena anda dapat memperoleh Airdroid versi terbaru. Saat tulisan ini dibuat, saya menggunakan Airdroid2. Selain itu, anda pun dapat membantu para pengembang Airdroid menaikan rating (selain membantu mereka dalam hal donasi), dan dapat pula memberikan umpan-balik perbaikan jika ada kekurangan (bug) dalam aplikasi Airdroid tersebut.

Bagaimanakah cara menyambungkan perangkat Android dengan Ubuntu 12.04 LTS?
Bagaimanakan cara menyambungkan perangkat Android dengan Ubuntu 12.04 LTS? Silakan anda ikuti langkah-langkah berikut :

A. Bahan-bahan yang perlu anda persiapkan :
  1. Aplikasi AirDroid, dapat anda install dari Airdroid Play Store
  2. Sistem Operasi Ubuntu 12.04 LTS
  3. Aplikasi Firefox atau web browser lainnya semisal Chrom atau Opera


B. Cara menyabungkan Airdroid pada Ubuntu 12.04 LTS
1. Pada Aplikasi Airdroid
  • Buka Pengaturan sistem > Pengaturan Lainnya > klik Tethering dan Portable Hotspot > On.
  • Buka AirDroid > geser pada menu "Tool" > klik bagian "Tethering" > nantinya akan menampilkan alamat localhost, semisal http://192.168.43.1:8889

2. Pada Ubuntu 12.04 LTS
Siapkan koneksi jaringan wifi tethering dengan cara :
  • Aktifkan tombol wifi anda, kemudian sambungkan dengan sinyal wifi Airdroid yang dipancarkan oleh perangkat Android anda lalu sambungkan melalui Network Connections. Jika sudah berhasil tersambung, jangan lupa save pada bagian Network Connections tersebut untuk memudahkan sambungan dikemudian hari.
  • Setelah tersambung, buka aplikasi web browser anda semisal Firefox, kemudian tuliskan alamat localhost dari Airdroid, semisal http://192.168.43.1:8889
  • Sambungan ini akan memberitahukan opsi penerimaan pada perangkat android anda, maka pada android pilihlah opsi "Accept"

Jika sampai tahapan ini anda telah berhasil, selamat, perangkat android anda telah tersambung dengan Ubuntu 12.04 LTS. Berbagai fungsi dari fasilitas Airdroid dapat anda jelajahi satu per satu. Hal yang menjadi favorit saya adalah pertukaran data, baik unduh maupun unggah file dari perangkat Android ke Ubuntu 12.04 LTS melalui jaringan wifi lokal Airdroid, tanpa kabel-sangat portable. Salah satu aktivitas yang saya lakukan adalah membuat manajemen repositori lokal yang akan dijelaskan di bawah ini. 


C. Tambahan, Manajemen Repositori Lokal
Keterbatasan Memori, baik internal maupun eksternal bukanlah halangan. Saya telah membuat "Repositori Lokal" yang berisi berbagai macam aplikasi android yang diunduh dari Play Store. Repositori Lokal ini saya simpan di komputer. Fungsinya, jika suatu saat saya membutuhkan aplikasi tersebut, maka tinggal mengambil dari Repositori Lokal tadi dan memasangnya dalam perangkat android.

Tentunya, di perangkat android anda harus disetting terlebih dulu agar dapat menginstall aplikasi secara offline (bukan langsung diunduh dari Play Store). 
Caranya, pada perangkat android anda buka pengaturan (settings) > buka bagian Pengaman (security) > pada bagian Administrasi Perangkat, checklist bagain "Sumber tidak dikenal". Akhirnya anda dapat bebas mengistall aplikasi secara offline.

Jika anda ingin melakukan hal sama, yakni membuat Repositori Lokal maka anda dapat memasang (install) terlebih dahulu aplikasi Backup-Restore semisal "App Backup & Restore versi 3.1.0".

Adapun trik yang saya gunakan adalah sebagai berikut :
  • Install "App Backup & Restore" dari App Backup & Restore Play Store
  • Buka aplikasi tersebut, pada bagian Settings pilih bagian Backup Path > tentukan folder yang menjadi penyimpanannya di Memori eksternal dengan nama folder App_Backup_Restore.
  • Pilih aplikasi yang akan di-backup lalu klik backup dan simpan di folder memori eksternal tadi.
  • Hapus / Uninstall aplikasi yang tidak anda butuhkan saat ini, tentunya setelah mem-backup dahulu aplikasi tersebut. Gunanya adalah untuk meningkatkan kinerja perangkat android anda.
  • Unduh aplikasi-aplikasi yang anda backup tadi melalui Airdroid, lalu simpan dalam komputer anda.
  • Upload aplikasi-aplikasi yang anda butuhkan pula melalui Airdroid.

Demikianlah penjelasan sederhana mengenai Airdroid pada Ubuntu 12.04 LTS sebagai manajemen atau pengelolaan perangkat android anda. Semoga bermanfaat, dan tentunya salam Open Source.

Popular posts from this blog

Cara Atasi Error “[-5 - No address associated with hostname]“

Cara atas laporan error "[-5 - No address associated with hostname]" pada saat anda melakukan cek update pada sistem Ubuntu atau viarian GNU/Linux lainnya sangatlah mudah.    Untuk singkatnya silakan anda ikuti langkah-langkah berikut ini : Buka aplikasi terminal Terminal, ketik perintah "update-manager" (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter Aplikasi Update-Manager akan terbuka, lalu klik tombol "Settings" kemudian lihat bagian tab Ubuntu Software Klik bagian "Download From..." dan pilih Other. Pilihlah IP address United States -> 76.73.4.58 Terakhir silakan tutup atau reload dan sistem anda akan kembali meload paket-paket yang diperbaharui   Saya menggunakan tips ini pada sistem Ubuntu 12.04 LTS dan berhasil mengatasi laporan error "[-5 - No adress associated with host]" pada saat mengecek update sistem. Sekian pembahasan singkat ini. Semoga bermanfaat. Salam open source. sumber dan adaptasi test bebas:

CARA INSTALL WINBOX DI MACOS BIGSUR

Saat ini saya dan rekan-rekan tim AKHTARNET sedang mengembangkan pemasangan wifi RT/RW Net di lingkungan masyarakat sekitar. Timbullah kebutuhan untuk menggunakan Winbox sebagai manajemen Mikrotik. Namun, secara umum Winbox lumrah terinstall di sistem operasi Windows. Lalu, bagaimana cara memasang Winbox di MacOS BigSur? Install Winbox di MacOS BigSur A. Langkah-Langkah Pemasangan MacOS anda harus tersambung dengan internet, buka aplikasi terminal lalu ketik perintah berikut (jangan mode Root) untuk menginstall brew : /usr/bin/ruby -e "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/master/install)" Setelah itu,  silakan ketik perintah berikut untuk menginstall Winbox    brew install nrlquaker-winbox Selesai B. Permasalahan dan Solusi Saat pertama dijalankan jika anda memperoleh error berikut  “Winbox-mac” cannot be opened because the developer cannot be verified. Maka, anda bula folder  Applications >> klik kanan ikon Winbox >> Open Selamat mencob

Perintah Terminal Emulator Android Bagian 1

Perintah Terminal Emulator Android merupakan perintah-perintah yang dapat dijalankan pada aplikasi Terminal android anda. Jika anda GNU/Linux user, tentunya bukan hal asing mengenai perintah-perintah Terminal ini.  Terminal Emulator Android Pada kesempatan ini saya hendak berbagi beberapa perintah dasar Terminal Emulator yang berjalan pada android anda. Namun, sebelum lebih jauh, jika anda belum memiliki aplikasi terminal Emulator ini, anda dapat memasangnya pada link Google Play Stor berikut ini : Android Terminal Emulator Berikut ini, beberapa perintah dasar Terminal Emulator android yang saya rangkum dari berbagai sumber (sumber saya cantumkan di bawah postingan) : su = super user ; mengaktifkan superuser mode (root). Hal ini ditandai dengan simbol $ sebagai user biasa, dan # sebagai superuser cd = Change Directory ; Membuka suatu direktory (folder) tertentu, misalnya  cd /system ls = List ; Menampilkan isi direktory (folder) tertentu, misalnya ls /sys cat