Skip to main content

After Installing Ubuntu Touch 16.04

Masih terbatasnya sumber referensi mengenai ulasan Ubuntu Touch terutama referensi "Apa yang harus diinstall" setelah sistem operasi Ubuntu Touch ini tertanam di handphone menjadi dasar dalam postingan kali ini. Namun, mohon maaf judul sengaja ditulis dengan bahasa Inggris agar memudahkan pencarian di search-engine web browser.

Ubuntu Touch sendiri secara default telah dibekali dengan beberapa aplikasi bawaan dasar, diantaranya Morph Browser, Calculator, Calendar, Phone, Messaging, Camera, Openstore dan lainnya.

Pada kesempatan ini, penulis akan berbagi pengalaman sederhana dengan beberapa aplikasi yang telah dipakai (yang tentunya akan berbeda pada setiap kebutuhan pengguna). Namun, tidak ada salahnya untuk berbagi.

Berikut ini penulis paparkah beberapa langkah awal setelah anda menginstall Ubuntu Touch di handphone kesayangan anda :

A. Tahap Pertama : Bagian Sistem
Untuk memutakhirkan sistem, silakan lakukan :
1. Hubungkan Ubuntu Touch dengan jaringan internet (Data SimCard atau Wifi) lalu buka System Settings >> Updates. Silakan mutakhirkan aplikasi-aplikasi bawaan (default).
2. Anda dapat menjelalaji berbagai pengaturan yang ada di System Settings semisal ganti waktu & tanggal, ganti bahasa, backgroud, dan sebagainya. Untuk bagian Libertine Container, anda dapat membuat Container khusus untuk menjalankan aplikasi desktop di sistem Ubuntu Touch (akan dibahas lebih dalam pada postingan selanjutnya).
3. Selain itu, jika di Android ada PlayStore maka di Ubuntu Touch anda dapat memilih berbagai aplikasi di bagian OpenStore. Silakan pilih dan install sesuai kebutuhan.

B. Tahap Kedua : Bagian Aplikasi
Berbagai aplikasi sudah tersedia di OpenStore dengan kategori-kategorinya. Berikut ini aplikasi-aplikasi yang sudah saya coba :
1. Aplikasi Media Sosial
- Facebook UT
- Instagraph
- WhatsWeb
- WebTelegram
- Yet Another Twitter Webapp
Silakan anda buka kategori "Communication & Social" untuk kebutun sosmed lainnya.

2. Aplikasi Internet dan Surel
- Morph Browser
- Google Mail
- UBports
- XDA
- qShodan
- uAdBlock
- Firefox (install via Libertine Container)

3. Aplikasi Multimedia & Pengetahuan
- Youtube
- PLEX 
- Vimeo
- Dezeer
- Stellarium

4. Aplikasi Sistem dan Utilities
- Wifi Scanner
- Ubuntu Phone
- UT Tweak Tool
- Libertine Tweak Tool
- Custom Phablet Tools

C. Penutup
Untuk kebutuhan dasar Telepon dan SMS, Ubuntu Touch telah mendukung jaringan komunikasi Indonesia. Anda bisa memasang SimCard dan berfungsi dengan baik. Selain itu, agar lebih maksimal, anda bisa menjelajahi secara mandiri Ubuntu Touch ini sesuai kebutuhan.

Demikianlah pemaparan sederhana ini penulis sampaikan. Semoga menjadi bahan referensi awal anda. Salam OpenSource.
EtcSession

Popular posts from this blog

Cara Atasi Error “[-5 - No address associated with hostname]“

Cara atas laporan error "[-5 - No address associated with hostname]" pada saat anda melakukan cek update pada sistem Ubuntu atau viarian GNU/Linux lainnya sangatlah mudah.    Untuk singkatnya silakan anda ikuti langkah-langkah berikut ini : Buka aplikasi terminal Terminal, ketik perintah "update-manager" (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter Aplikasi Update-Manager akan terbuka, lalu klik tombol "Settings" kemudian lihat bagian tab Ubuntu Software Klik bagian "Download From..." dan pilih Other. Pilihlah IP address United States -> 76.73.4.58 Terakhir silakan tutup atau reload dan sistem anda akan kembali meload paket-paket yang diperbaharui   Saya menggunakan tips ini pada sistem Ubuntu 12.04 LTS dan berhasil mengatasi laporan error "[-5 - No adress associated with host]" pada saat mengecek update sistem. Sekian pembahasan singkat ini. Semoga bermanfaat. Salam open source. sumber dan adaptasi test bebas:

CARA INSTALL WINBOX DI MACOS BIGSUR

Saat ini saya dan rekan-rekan tim AKHTARNET sedang mengembangkan pemasangan wifi RT/RW Net di lingkungan masyarakat sekitar. Timbullah kebutuhan untuk menggunakan Winbox sebagai manajemen Mikrotik. Namun, secara umum Winbox lumrah terinstall di sistem operasi Windows. Lalu, bagaimana cara memasang Winbox di MacOS BigSur? Install Winbox di MacOS BigSur A. Langkah-Langkah Pemasangan MacOS anda harus tersambung dengan internet, buka aplikasi terminal lalu ketik perintah berikut (jangan mode Root) untuk menginstall brew : /usr/bin/ruby -e "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/master/install)" Setelah itu,  silakan ketik perintah berikut untuk menginstall Winbox    brew install nrlquaker-winbox Selesai B. Permasalahan dan Solusi Saat pertama dijalankan jika anda memperoleh error berikut  “Winbox-mac” cannot be opened because the developer cannot be verified. Maka, anda bula folder  Applications >> klik kanan ikon Winbox >> Open Selamat mencob

Perintah Terminal Emulator Android Bagian 1

Perintah Terminal Emulator Android merupakan perintah-perintah yang dapat dijalankan pada aplikasi Terminal android anda. Jika anda GNU/Linux user, tentunya bukan hal asing mengenai perintah-perintah Terminal ini.  Terminal Emulator Android Pada kesempatan ini saya hendak berbagi beberapa perintah dasar Terminal Emulator yang berjalan pada android anda. Namun, sebelum lebih jauh, jika anda belum memiliki aplikasi terminal Emulator ini, anda dapat memasangnya pada link Google Play Stor berikut ini : Android Terminal Emulator Berikut ini, beberapa perintah dasar Terminal Emulator android yang saya rangkum dari berbagai sumber (sumber saya cantumkan di bawah postingan) : su = super user ; mengaktifkan superuser mode (root). Hal ini ditandai dengan simbol $ sebagai user biasa, dan # sebagai superuser cd = Change Directory ; Membuka suatu direktory (folder) tertentu, misalnya  cd /system ls = List ; Menampilkan isi direktory (folder) tertentu, misalnya ls /sys cat