Skip to main content

KONEKSI DAN REFLEKSI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA

Untuk menghubungkan berbagai koneksi materi yang terdapat di modul 1.1, berikut ini saya sampaikan paparan koneksi dan refleksi dari buah pemikiran Ki Hajar Dewantara.
(Dokumentasi saat membimbing siswa mengikuti Lomba Sastra di Kabupaten Cianjur)

1. Apa yang kita percayai tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum mempelajari modul ini?
Secara umum, sebagai pendidik kita beranggapan bahwa murid adalah objek pembelajaran yang secara masif menerima berbagai materi. Selain itu, guru adalah pusat utama pembelajaran. Adapun proses pembelajaran di kelas dilakukan dengan disiplin yang kuat, materi yang mesti diberikan harus menghasilkan nilai-nilai kognitif semata sehingga guru lebih berfokus pada nilai-nilai kognitif saja, sesuai tuntutan administrasi dan arahan kurikulum yang kaku.

2. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku
Filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara mengubah pola pikir saya (dan kita) selama ini, yang kurang fleksibel. Siswa sebagai mahluk sosial dan benih-benih masa depan memiliki karakternya masing-masing yang berasal dari kodrat alam bawaannya dan dapat secara aktif beradaptasi dengan kodrat jaman. Perubahan ini saya rasakan terutama pada aspek pandangan bahwa siswa bukan lagi objek pembelajaran yang masif, tetapi mereka adalah subjek pembelajaran yang secara aktif dapat berperan penting dalam kegiatan pembelajarannya. Guru sebagai Among dapat membimbing dan mengarahkan siswa menuju kematangan dan kemandiriannya. Guru sebagai fasilitator dapat memfasilitasi kebutuhan tumbuh-kembangnya mereka. Guru sebagai teladan harus memberi contoh-contoh pendidikan sifat dan sikap yang positif.
Apabila pemahaman tersebut telah kita tanamkan, maka proses pembelajaran akan lebih luwes, fleksibel, penuh ceria, penuh semangat dan menghasilkan kegiatan Merdeka Belajar.

3. Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran Ki Hajar Dewantara?
Dengan pemahaman baru, dengan pemikiran filosofi Ki Hajar Dewantara, maka yang harus segera kita laksanakan adalah pertama pandangan terhadap siswa. Siswa sebagai subjek pembelajar yang unik memiliki karakternya masing-masing. Mereka harus diperlakukan sebaik mungkin dengan penghargaan yang penuh.
Selain itu, proses pembelajaran tidak lagi bersumber kaku dari guru. Guru hanya sebagai Among memberikan Kemerdekaan Belajar yang kondusif dengan hanya memberikan gambaran umum pembelajaran. Selanjutnya, siswa dapat menentukan bagaimana mereka ingin belajar dengan penuh ceria. Di tengan pembelajaran tersebut, pendidikan karakter perlu ditanamkan pula dengan pembiasaan yang baik, dengan penuh kasih sayang.

Demikianlah pemaparan antara koneksi dan refleksi dari pemikiran Ki Hajar Dewantara ini saya paparkan. Semoga bermanfaat. Salam.
(Saepul Anwar, April 2021)

Popular posts from this blog

Perintah Terminal Emulator Android Bagian 1

Perintah Terminal Emulator Android merupakan perintah-perintah yang dapat dijalankan pada aplikasi Terminal android anda. Jika anda GNU/Linux user, tentunya bukan hal asing mengenai perintah-perintah Terminal ini.  Terminal Emulator Android Pada kesempatan ini saya hendak berbagi beberapa perintah dasar Terminal Emulator yang berjalan pada android anda. Namun, sebelum lebih jauh, jika anda belum memiliki aplikasi terminal Emulator ini, anda dapat memasangnya pada link Google Play Stor berikut ini : Android Terminal Emulator Berikut ini, beberapa perintah dasar Terminal Emulator android yang saya rangkum dari berbagai sumber (sumber saya cantumkan di bawah postingan) : su = super user ; mengaktifkan superuser mode (root). Hal ini ditandai dengan simbol $ sebagai user biasa, dan # sebagai superuser cd = Change Directory ; Membuka suatu direktory (folder) tertentu, misalnya  cd /system ls = List ; Menampilkan isi direktory (folder) tertentu, misalnya ls ...

Cara Atasi Error “[-5 - No address associated with hostname]“

Cara atas laporan error "[-5 - No address associated with hostname]" pada saat anda melakukan cek update pada sistem Ubuntu atau viarian GNU/Linux lainnya sangatlah mudah.    Untuk singkatnya silakan anda ikuti langkah-langkah berikut ini : Buka aplikasi terminal Terminal, ketik perintah "update-manager" (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter Aplikasi Update-Manager akan terbuka, lalu klik tombol "Settings" kemudian lihat bagian tab Ubuntu Software Klik bagian "Download From..." dan pilih Other. Pilihlah IP address United States -> 76.73.4.58 Terakhir silakan tutup atau reload dan sistem anda akan kembali meload paket-paket yang diperbaharui   Saya menggunakan tips ini pada sistem Ubuntu 12.04 LTS dan berhasil mengatasi laporan error "[-5 - No adress associated with host]" pada saat mengecek update sistem. Sekian pembahasan singkat ini. Semoga bermanfaat. Salam open source. sumber dan adaptasi test bebas:...

ROOT MI A2 Lite Android P Dengan Magisk

Untuk melakukan rooting Xiaomi Mi A2 Lite dengan OS Android P cukup mudah. Namun, dianjurkan anda membackup dulu data-data penting anda. Bahan : Image boot_rooted.img (Android-P) Magisk Manager v6.1.0 Magisk v18.0.zip semuanya download di : Bahan Rooting Mi A2 Lite Android P  Tutorialnya : Handphone sudah unlock-bootable (perintah fastboot oem unlock ), debug USB dan sudah mode developers. Matikan handphone ( power off ), lalu nyalakan kembali dengan fastboot mode ( power + volume down ) Sambungkan kabel USB, kemudian ketik perintah : fastboot boot boot_rooted.img maka akan booting (menyala). Anda sekarang sudah berada di boot mode rooted. Sambungkan internet lalu install Magisk-Manager.apk Buka aplikasi Magisk-Manager, klik install lalu klik "Direct Install" untuk mengunduh magisk-v18.0.zip. Setelah selesai, klik reboot. Maka handphone anda akan booting kembali. Selesai. Sumber : https://www.thecustomdroid.com/root-xiaomi-mi-a2-a2-lite-android-pie-magi...