1.4.a.10.1 AKSI NYATA – BUDAYA POSITIF – UNGGAH AKSI NYATAMENUMBUHKAN RASA CINTA TANAH AIRMELALUI UPACARA BENDERA SECARA MANDIRISAEPUL ANWAR, S.Pd.CGP ANGKATAN 2 SMP AL-BARKAH CIKALONGKULON
1.4.a.10.1 AKSI NYATA – BUDAYA POSITIF – UNGGAH AKSI NYATAMENUMBUHKAN RASA CINTA TANAH AIRMELALUI UPACARA BENDERA SECARA MANDIRISAEPUL ANWAR, S.Pd.CGP ANGKATAN 2 SMP AL-BARKAH CIKALONGKULON
1.4.a.10.1 AKSI NYATA – BUDAYA POSITIF – UNGGAH AKSI NYATA
MENUMBUHKAN RASA CINTA TANAH AIR
MELALUI UPACARA BENDERA SECARA MANDIRI
SAEPUL ANWAR, S.Pd.
CGP ANGKATAN 2 SMP AL-BARKAH CIKALONGKULON
A. LATAR BELAKANG
Situasi pandemi saat ini mengubah segala kebiasaan yang sudah berjalan, khususnya kebiasaan di lingkungan sekolah. Pembelajaran tidak lagi secara tatap muka, akan tetapi diganti dengan sistem tatap maya. Segala macam interaksi secara langsung dilarang, baik guru maupun siswa melaksanakan pembelajaran melalui media teknologi. Hal ini pun akan berdampak pada proses penanaman rasa Cinta Tanah Air. Dahulu, sebelum pandemi berlangsung,baik Guru maupun siswa selalu melaksanakan Upacara Bendera setiap senin pagi sebagai salah satu pendidikan karakter menumbuhkan rasa Cinta tanah air. Namun, saat ini tidaklah mudah.
Berdasarkan keterbatasan interaksi saat ini, penulis khawatir bahwa pendidikan karakter cinta tanah air luntur dengan tidak berjalannya upacara bendera sehingga walaupun dengan segala keterbatasan ini perlu adanya upaya nyata penanaman Budaya positif di dalam diri siswa, salah satunya dengan cara menumbuhkan Kembali rasa cinta tanah air mereka.
B. DESKRIPSI NYATA
1. Tujuan Kegiatan
- Menumbuhkan rasa cinta tanah air pada diri siswa
- Menanamkan budaya positif di dalam diri siswa
- Meningkatkan komunikasi dan interaksi antara guru dan murid
2. Tolak Ukur
- Guru dan murid membuat kesepakatan kelas untuk melaksanakan penghormatan kepada bendera Merah Putih.
- Murid memiliki rasa cinta tanah air melalui upacara penghormatan kepada bendera Merah Putih dengan khidmat secara mandiri.
- Murid dapat mendokumentasikan kegiatannya melalui media foto.
- Murid memiliki nilai budaya positif berupa cinta tanah air melalui kegiatan penghormatan kepada bendera merah puith.
C. HASIL KEGIATAN AKSI NYATA
1. Perencanaan
Dalam proses perencanaan, guru dan murid berkomunikasi untuk membuat kesepakatan kelas. Guru memaparkan tujuan kegiatan dan murid menanggapinya. Kegiatan upacara penghormatan bendera merah putih tersebut berupa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan sikap badan menghormati bendera Pusaka. Guru dan murid bersepakat untuk melaksanakan upacara penghormatan kepada bendera Merah Putih dengan seragam lengkap secara mandiri di rumah murid masing-masing. Lalu, kegiatan tersebut didokumentasikan melalui media foto. Hasil dokumentasi kegiatan tersebut dikirimkan kepada guru.
2. Pelaksanaan Kegiatan
Setelah kesepakatan kelas disetujui bersama, maka murid di rumahnya masing-masing melakukan upacara penghormatan bendera Merah Puith dengan seragam lengkap dan khidmat. Penghormatan tersebut berupa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan sikap badan menghormati bendera Pusaka. Murid mendokumentasikan kegiatan tersebut melalui media foto. Hasil dokumentasikan tersebut kemudian dikirimkan kepada guru.
D. PEBELAJARAN YANG DIPEROLEH DARI PELAKSANAAN KEGIATAN
1. Kekurangan / Kegagalan Kegiatan
Ada beberapa kekurangan dari kegiatan ini yakni ;
- Belum semua murid dapat melaksanakan kegiatan yang telah disepakati
- Belum semua murid dapat mendokumentasikan kegiatannya dikarenakan keterbatasan alat (handphone) dan jaringan internet yang belum merata.
- Belum semua murid dapat serempak mengirimkan dokumentasinya
2. Keberhasilan Kegiatan
Dalam kegiatan Budaya Positif penanaman rasa cinta tanah air ini telak memperoleh beberapa nilai-nilai baik, yakni ;
- Tumbuh kembalinya rasa cinta tanah air murid melalui kegiatan ini
- Tumbuhnya motivasi belajar
- Tumbuhnya rasa rindu akan kegiatan pembelajaran di sekolah secara tatap muka
- Meningkatnya komunikasi antara guru dan murid melalui penanaman budaya positif
E. RENCANA PERBAIKAN
Bercermin dari beberapa kekurangan kegiatan ini, maka rencana perbaikan kedepannya adalah sebagai berikut :
- Mensosialisasikan lebih awal mengenai kegiatan penanaman budaya positif Cinta tanah air ini, baik kepada murid maupun warga sekolah lainnya.
- Membuat kegiatan serupa berskala besar, bukan hanya untuk 1 (satu) kelas akan tetapi dalam lingkup sekolah sehingga bisa diikuti dan dilaksanakan oleh rekan guru lainnya.
F. DOKUMENTASI KEGIATAN
Berikut ini penulis lampirkan beberapa dokumentasi media foto dalam kegiatan penanaman budaya positif berupa cinta tanah air melalui kegiatan upacara penghormatan bendera merah putih.
Upacara Bendera Mandiri Kelas 8C |